62-21-58904222 +62-812-8203127

Indahnya Machu Picchu, Sebuah Desa di Atas Awan

Indahnya Machu Picchu, Sebuah Desa di Atas Awan

Indahnya Machu Picchu, Sebuah Desa di Atas Awan

Pernah denger sebuah desa atau kota yang ada di atas awan? Wah keren banget ya kalau ada sebuah tempat wisata yang kayak gitu.. Tapi ada bener kok sebuah desa yang letaknya sangat tinggi sampai ke atas awan. Desa tersebut bernama Machu Picchu atau yang sering disebut juga “Kota Inka yang Hilang”.

Desa Machu Picchu adalah sebuah desa yang terletak di lembah Urubamba, sebuah pegunungan yang berada dengan ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut di Peru, Amerika Selatan.

Sejarah Machu Picchu

Machu Picchu adalah sebuah desa yang menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983. Keberadaannya sangat berharga karena merupakan sejarah penting dari peradaban Kerajaan Inka yang terdapat di Amerika Latin. Desa Machu Picchu ini dibangun pada sekitar tahun 1450 oleh Kerajaan Inka, arsitekturnya menggunakan gaya Inka kuno dimana batu tembok berpelitur menghiasi seluruh bangunan yang ada di desa kecil yang berukuran 500×200 meter ini. naun suku Inka yang merupakan suku asli dari Machu Picchu harus menyerahkan tanah mereka kepada bangsa Spanyol yang berhasil menaklukan kerajaan ini 100 tahun kemudian. Menurut sumber yang beredar di dunia maya, orang yang dulu hidup di desa ini sekitar 750 orang.

Sejak ditemukan kembali oleh seorang arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III pada tahun 1911, desa yang dulunya sempat dilupakan kini ditemukan kembali dan menjadi tempat wisata yang sangat diminati.

Machu Picchu Saat Ini

Macchu Picchu
Machu Picchu Yang Selalu Ramai Akan Wisatawan

Setiap harinya 2.000 wisatawan yang berasal dari berbagai negara berlomba-lomba untuk menuju Machu Picchu ini.. Keindahan Machu Picchu yang terletak di atas awan menjadi daya tarik tersendiri. Walaupun hanya berupa gedung-gedung tua peninggalan suku Inka, tetapi ketika sampai di atas gunung yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan hutan yang lebat baru deh kerasa betapa besarnya kekuasaan Sang Pencipta.

Terdapat 3 gedung utama yang ada di desa ini, yakni Intihuatana, Kuil Mtaahari dan Ruangan Tiga Jendela. Suku Inka terkenal sebagai suku yang memuja matahari, mereka menganggap matahari merupakan dewa.

Jalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke Machu Picchu sangat sulit, jalan terjal dan zig-zag harus kalian lalui untuk bisa sampai ke puncak gunung. Namun gak usah khawatir.. Karena Peru sudah modern, jadi kalian hanya perlu naik bus wisata untuk sampai ke desa ini. Asyik ya!

Di sepanjang perjalanan, kita akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Areal persawahan yang membentuk terasering bisa kalian lihat tertata rapi, selain itu batu-batu yang disusun untuk saluran irigasi, pepohonan, tebing terjal dan masih banyak lagi pemandangan lainnya yang akan menemani selama perjalanan.

Untuk kalian yang ingin merasakan petualangan sejati, bisa juga dengan berjalan kaki melalui tebing yang terjal dan medan yang berbatu. Walaupun waktu perjalanannya lebih lama, tapi pasti menyenangkan

Menuju Machu Picchu

Untuk menuju Macchu Picchu dari Peru adalah melalui stasiun Inca Trail. Stasiun ini merupakan satu-satunya jalan menuju ke Macchu Picchu. Dari Inca Trail, kita kemudian turun di Aguas Calientes. Kemudian dari Agus Calientes kalian hanya perlu naik bus wisata sampai ke puncak Machu Picchu.

 

Share this post