62-21-58904222 +62-812-8203127

Sejarah Arc de Triomphe

SEJARAH ARC DE TRIOMPHE

Sejarah Arc de Triomphe

Sebuah icon yang terkenal dari Paris selain  tour Eiffel. yaitu Arc de Triomphe. sebuah gapura yang dinamakan gapura kemenangan oleh masyarakat perancis. monumen ini terletak di bunderan atau berdiri di tengah area Place de l'Étoile terletak di Bukit Chaillot yang tepat di tengah-tengah persimpangan dua belas jalan, yaitu Avenue des Champs-Élysées sebagai jalan utamanya dan Avenue de La Grande-Armee. lalu Avenue Marceau, Avenue D'lena, Avenue Kleber, Avenue Victor Hugo, Avenue Foch, Avenue Carnot, Avenue Mac-Mohan, Avenue Wagram, Avenue de Friedland, dan Avenue Hoche.

Pembangunan monumen ini telah direncanakan sejak 1806 oleh Napoleon setelah kemenangannya di Pertempuran Austerlitz. Proses penyelesaian konstruksi fondasi dasar monumen ini memakan waktu selama 2 tahun pengerjaan, dan ketika Napoleon memasuki kota Paris dari barat bersama Archduchess Marie-Louise dari Austria pada tahun 1810, ia sudah bisa melihat monumen ini terbentuk dr kontruksi kayunya.

Arsitek dari monumen ini, Jean Chalgrin meninggal pada tahun 1811. Pengerjaan pembangunan monumen ini dilanjutkan oleh Jean-Nicolas Huyot. Selama masa restorasi Bourbon di Perancis, pembangunan monumen ini sempat dihentikan dan tidak dilanjutkan sama sekali sampai masa pemerintahan Raja Louis-Philippe di tahun 1833-36. Jenazah Napoleon pernah dibawa melewati monumen ini pada 15 Desember 1840 di dalam perjalanan menuju dimakamkan di Invalides.

Monumen yang tingginya 51 meter dan lebar 45 meter ini disamping sebagai pintu gerbang kota Paris, juga sebagai tempat untuk meletakkan prasasti para Pejuang yang tidak dikenal dan sering dijadikan sebagai tempat berziarah dan peletakan karangan bunga. sebenarnya Arc de Triomphe adalah sebuah monumen yang dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte untuk mengenang jasa-jasa tentara kebesarannya.

Share this post

Leave a comment